Pages

Subscribe:

Saturday, June 1, 2013

6 JENIS TEH baik untuk kesehatan

Ilustrasi/Thankgodimnatural
Meminum secangkir teh panas saat udara terasa dingin tidak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis teh yang baik untuk kesehatan, seperti dilansir laman Real Simple.

Teh hitam
Teh jenis ini merupakan jenis teh yang paling mudah ditemui dan banyak dikonsumsi. Teh ini memiliki sedikit rasa pahit dan kandungan kafein cukup banyak, sekitar 40 mg per cangkir. Teh hitam juga kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi tiga cangkir teh hitam per hari juga dipercaya mampu merendahkan risiko terkena stroke.
Teh hijau
Rasa teh ini lebih lembut dibanding teh hitam dan kandungan kafeinnya hanya sekitar 25 mg per cangkir. Teh hijau memiliki antioksidan yang disebut catechin, yang dipercaya bisa mencegah munculnya sel kanker. Selain itu, minum secangkir teh hijau setiap hari juga mampu merendahkan risiko penyakit jantung hingga 10%.
Teh Oolong
Hampir mirip dengan teh hitam, namun teh ini difermentasikan dalam waktu yang lebih singkat sehingga rasanya lebih kaya. Kafein di dalamnya ada sekitar 30 mg per cangkir. Teh Oolong dipercaya bisa mengaktifkan enzim yang bisa membakar kalori dan lemak.
Teh Putih
Teh ini memiliki rasa yang lebih lembut dibanding teh lainnya, dengan kandungan kafein sebesar 15 mg per cangkir. Antioksidan yang dimiliki teh ini juga paling tinggi, karena daun tehnya lebih sedikit diproses. Teh ini sangat baik untuk menjaga kolesterol baik dalam darah, baik untuk penderita diabetes, dan mencegah penyakit jantung.
Teh dengan perasa
Beberapa teh yang masuk dalam kategori ini adalah teh dengan rasa kayu manis, jeruk, lavender, dan blueberry. Teh jenis ini juga memiliki banyak manfaat karena kandungan antioksidan di dalamnya. Tapi sebaiknya hindari teh botolan yang sudah diberi pemanis.
Teh herbal
Secara teknis, teh ini bukanlah teh seperti biasanya. Karena teh herbal adalah kombinasi buah kering, bunga-bungaan, dan herbal lainnya yang dikeringkan. Teh herbal, seperti teh hibiscus, dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Ada juga teh chamomile yang bisa menenangkan tubuh dan memudahkannya untuk tidur, atau teh peppermint yang baik untuk perut.

0 comments:

Post a Comment